Advertise

Monday, June 4, 2012

Jika Produk Bagus, Marketing Itu Urusan Kecil

3 hari yang lalu teman saya meminta untuk dibuatkan sebuah website untuk Toko Online. Dia sedang menjalani bisnis jual batik dengan berbagai variannya, seperti hem batik, blus batik, batik sarimbit, batik anak dan juga batik seragam.

Selama ini sebenarnya sudah banyak pelanggan dari luar kota. Sudah banyak order tapi masih belum punya website sendiri.



Selama ini teman saya itu menjalankan bisnis batiknya via Facebook ataupun tweeter dengan jaringan pertemanan yang dia punya dan juga dari jaringan istrinya. Dia menjalankan bisnis batik berdua.

Lewat sebuah riset dan ketersediaan nama domain, akhirnya kami membuat website Toko Online mereka dengan nama : www.BusanaBatik.net

Website dipesan dan mulai dibuat sekitar tiga hari yang lalu. Karena materi website belum lengkap, maka website baru ada ‘isinya’ kemarin siang.

Kami mengisinya dengan beberapa gambar produk batik hanya 3 buah saja. Kami pilih gambar yang menurut kami paling bagus untuk ditampilkan disana, lengkap dengan ukuran, harga dll.

Yang luar biasanya adalah, malam harinya ada message di Inbox FB yang isinya:

“Tadi temenku aku suruh buka www.BusanaBatik.net langsung pesan hem batik 2. Berarti untuk produk yang hem 2 sementara sudah laku”.

Produknya langsung laku di hari ke-3 setelah website dibuat.

Memang kasusnya tidak terlalu disengaja, tapi begitulah yang sering terjadi di awalnya.

Banyak pebisnis online terkejut di order pertamanya, dengan bermacam alasan. Pemesanan yang berlimpah, pembeli yang jauh disana, atau begitu cepatnya order yang masuk.

Sepanjang perjalanan bisnis online saya, paling cepat produk laku sekitar 15 hari sejak website dibuat. Tapi kejadian Busanabatik.net telah memecah rekor baru penjualan. 3 hari setelah pembuatan website produk SUDAH LAKU.

Salah satu sebabnya yang kami amati adalah PRODUKNYA memang bisa dikatakan BAGUS.

Jadi begitu produk anda bagus, maka marketing adalah pekerjaan yang KECIL.

Begitu orang-orang tahu produk anda, dan tahu produk anda BAGUS, maka pembelian sudah didepan mata. Buktikan sendiri…


0 comments:

Post a Comment